Dalam perusahaan jasa, Parasuraman et. Al mengungkapkan lima faktor
dominan (lima dimensi) atau penentu mutu pelayanan jasa (Lupiyoadi, 2001 :
148), yaitu :
1.
Tangibles atau bukti fisik
yaitu kemampuan perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak
eksternal. Penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan dan
keadaan lingkungan sekitarnya adalah bukti nyata dan pelayanan yang diberikan
oleh pemberi jasa. Pada perusahaan jasa rent cars, bukti fisik yang telah kami
tunjukkan sebagai ekstensi kepada pihak eksternal diantaranya :
·
Bangunan
kantor dan garasi mobil yang tertata rapi dan bersih serta bengkel service yang
jauh dari lingkungan warga untuk menghindari kebisingan.
·
Mobil
sebagai bukti fisik, yang umurnya maksimal 5tahun pemakaian.
·
Kantin,
ruang tunggu, musholla, dan taman sebagai fasilitas tambahan pelanggan.
2.
Reliability atau kehandalan
yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan yang
dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan
pelanggan yang berarti kecepatan waktu, pelayanan yang sama untuk semua
pelanggan tanpa kesalahan, sikap yang simpatik, dan dengan akurasi yang tinggi.
Pada perusahaan jasa rent cars, bentuk pelayanan yang telah kami janjikan
secatra akurat kepada pelanggan yaitu :
·
Jasa
antar jemput mobil sewa.
·
Ketepatan
waktu pelayanan.
·
Pemberian
bonus bagi pelanggan yang telah berlangganan minimal 144 jam.
·
Kartu
anggota bagi pelanggan yang telah melakukan pembelian jasa rent cars minimal 3
kali.
·
Dll
3.
Responsiveness atau ketanggapan yaitu suatu kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang
cepat responsif dan tepat kepada pelanggan, dengan penyampaian informasi yang
jelas. Pada perusahaan jasa rent cars kami, bentuk responsiveness yang kami
berikan kepada pelanggan kami yaitu :
·
Memberikan
pelayanan sesuai keinginan dan kelas masing masing pelanggan.
·
Tepat
waktu pelayanan.
·
Penyediaan
pembelian dan penukaran bonus secara online.
·
Akses
informasi dan hall yang dibutuhkan mengenai rent cars kami secara online, iklan
tv, media cetak, dll.
4.
Assurance atau jaminan dan kepastian yaitu pengetahuan, kesopansantunan dan kemampuan para pegawai
perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para pelanggan kepada perusahaan.
Pada perusahaan kami, bentuk assurance atau jaminan yang kami berikan antara
lain :
·
Memberiakan
teguran, sangsi, tan pemecatan kepada setiap karyawan yang melakukan hal hal
yang tidak sesuai atau melanggar aturan perusahaan.
·
Setiap
karyawan dituntuk untuk sopan dan menghargai, serta member pelayanan yang layak
kepada setiap pelanggan yang datang.
·
Dll.
5.
Empathy atau empati
yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang
diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami keinginan konsumen.
Pada perusahaan jasa rental kami, bentuk rasa emapati ytang kami berikan kepada
pelanggan antara lain :
·
Memberiakn
pelayanan sesuai keinginan dan kelas pelayanan yang diinginkan oleh konsumen.
·
Memberiakan
info melaui iklan televise , internet , dan media cetak secara jelas kepada
setiap pelanggan.
·
Memberiakan
fasilitas tambahan kepada pelnggan untuk memberikan kenyamanan dan dampak
positif bagi konsumen.
·
Dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar